Desain Interior Rumah Minimalis

Sesuai perkembangan jaman, perkembangan desain rumah juga berkembang sangat cepat. Ada desain rumah modern, minimalis, art deco, mediterania, colonial, klasik dan lain sebagainya. Saat ini rumah bergaya minimalis banyak menjadi pilihan kaum urban, selain itu,para eksekutif muda juga banyak yang menyukai gaya rumah ini, karena dianggap praktis dan dapat mewakili gaya hidup modern mereka. Untuk dapat mengenali bahwa rumah tersebut bergaya minimalis atau bukan terhitung mudah, dilihat dari bentuknya jauh lebih sederhana dibandingkan dengan rumah jenis klasik, mediteranian, atau colonial. Bentuknya yang simple serta straight forward membuatnya cocok dengan gaya hidup yang urban, dinamis, serba cepat dan praktis. Untuk penataan interior dalam rumah bergaya minimalis, pemilihan furniture dan ruangan ditata sedemikian rupa hingga terasa lega, efisien dan fungsional.

Ada beberapa permasalahan yang sering ditemui dalam penataan interior untuk rumah bergaya minimalis, antara lain adalah:
Ketidaksesuaian konsep antara desain interior dengan desain rumah / bangunan. Sesuai dengan perkembangan jaman, desain minimalis juga berkembang menjadi beberapa type desain minimalis. Ada desain minimalis murni, desain minimalis modern, desain minimalis kontemporer, desain minimalis tropis, dan lain-lain. Type desain minimalis tersebut sangat tergantung dari selera dan gaya hidup si pemilik rumah. Beberapa kasus yang sering ditemui dalam pembuatan rumah bergaya minimalis adalah:

  • Keterbatasan dana, lahan, dan lain-lain.
  • Desain yang terlihat monoton.
  • Kendala iklim tropis.

Ada beberapa solusi yang bisa dijalankan untuk mengatasi kasus-kasus yang sering terjadi. Ketidaksesuaian konsep desain bisa diantisipasi dengan menjaga konsistensi dari konsep desain yang dipilih. Ini sangat bergantung dari selera dan gaya hidup pemilik rumah, apakah type desain yang dipilih adalah type desain minimalis murni, modern, tropis, kontemporer atau desain minimalis yang lain. Masalah yang sering muncul untuk kasus ini adalah pada saat kita mencoba mempadu padankan antara furniture yang telah dimiliki sebelumnya (yang ingin kita pertahankan) dengan furniture baru yang dibeli mengikuti tren saat ini. Penataan yang tumpang tindih ini yang menyebabkan tidak optimalnya desain dari segi estetika tidak bisa terpenuhi.

2 Balasan ke Desain Interior Rumah Minimalis

  1. Rumah modern mengatakan:

    Artikel yg bagus…..Saya tunggu artikel-artikel selanjutnya…..

  2. wawan rusetiawan mengatakan:

    tx informasinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: