Membangun Taman di Atas Gedung

Untuk membantu mencegah pemanasan global, menambah ruang terbuka hijau di gedung bertingkat hotel maupun perkantoran untuk membuat taman atap adalah salah satu cara yang efektif. Meski kondisi kawasan di kota sebagian besar gedung bertingkat, kami harus menciptakan ruang terbuka hijau untuk menambah tanaman yang telah diambil alih ketika gedung tersebut dibangunkan. Dengan membuat taman atap, gedung-gedung bertingkat tetap bisa memiliki ruang terbuka hijau, karena ada efisiensi ruang.Taman atap merupakan sebagai salah satu alternatif penghijauan untuk meningkatkan kualitas lingkungan kota. Saat ini, baru beberapa hotel berbintang di Jakarta Pusat yang memiliki taman atap.

Pembuatan taman atap memang tidak murah dan membutuhkan struktur dan konstruksi atap yang spesifik. Bahkan untuk hasil yang optimal, konstruksi atap untuk taman didesain sejak awal, sebelum gedung itu dibangun. Namun investasi ini bisa kembali dalam beberapa tahun kemudian, karena biaya untuk listrik pendingin udara berkurang, serta nilai ekonomis bangunan bertambah. Sebuah rumah sakit swasta di Singapura berhasil menurunkan konsumsi listrik sampai 50 persen, setelah membuat taman atap. Meskipun taman atap itu hanya berupa tanaman tomat, yang diletakkan di dalam pot menutupi seluruh atap. Keuntungan lain, rumah sakit itu tidak perlu membeli tomat lagi.

Selain menambah keteduhan, taman atap juga bisa dimanfaatkan untuk menyerap gas-gas beracun. Misalnya bambu atau palem dapat menyerap gas formalin dan bensin. Sedangkan tanaman bakung, selain menyerap gas formalin dan bensin, juga menyerap alkohol dan aseton yang dihasilkan cat dan sebagainya. Tanaman rambat juga berfungsi untuk menyerap gas asetat, amonia, dan gas lainnya. Karena fungsi ini, tanaman rambat banyak dipakai untuk taman atap di luar negeri seperti Singapura dan Jepang.

Satu Balasan ke Membangun Taman di Atas Gedung

  1. rera mengatakan:

    inilah cara baru yang sebaiknya harus diterapkan pada setiap gedung yang ada, membantu mengurangi pemanasan global. terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: