Kiat Menjual Rumah Cepat dan Mudah

Hal-hal yang perlu dilakukan ketika kita mau menjual rumah kita:

1. Pengecatan ulang untuk menciptakan kesan pertama.

Sebelum menjual rumah, tentu kita harus mendandani dulu fungsi-fungsi dasar dari rumah kita. Gantilah kaca yang sudah pecah, betulkan genteng yang bocor, aliran listrik yang terputus, dan sebagainya. Namun, untuk menimbulkan kesan pertama yang kuat, ciptakan sudut rumah yang bersih, sekaligus pengecatan rumah sebelum anda menjual rumah anda tersebut. Pengecatan ulang dapat menimbulkan kesan bahwa rumah anda tersebut itu terawat dengan baik. Namun mengecat rumah lama tidaklah bisa asal timpa saja, jika cat dasarnya masih cukup baik dan rata, permukaan tersebut bisa langsung ditimpa dengan cat dengan merk yang sama.
Apalagi jika warna cat dasarnya putih, tentu bisa ditimpa dengan warna apapun. Namun harus diingat, harus dengan merk yang sama. Kenapa? Sebab cat dengan merk yang berbeda memiliki kandungan kimiawi yang berbeda pula. Perbedaan kandungan kimiawi ini jika disatukan bukannya membuat indah rumah, malah membuat dinding bergelombang, dinding yang bergelombang juga disebabkan oleh cuaca yang berkelembaban tinggi dan tembok yang masih basah saat dicat. Lain hal jika warna dasarnya gelap, atau cat lamanya memang sudah bergelombang, terkelupas dan pecah. Terpaksa cat lama harus dikerok dulu sebelum dilakukan pengecatan ulang. Pengecatan yang ditimpa berulang-ulang akan mengakibatkan lapisan cat mudah pecah.

2. Segarkan Rumah dengan Re-Dekorasi dan Tanaman

Meski anda tidak bermaksud menjual rumah dengan furniturenya, namun anda harus tetap menata kembali dekorasi rumah supaya tampil lebih bagus, menjual rumah dalam keadaan kosong memberi kesan seolah-olah rumah tidak berjiwa dan dingin. Selain membuat rumah tampak berkarakter, dekorasi ulang juga bisa memberikan ide bagi calon pembeli, bagaimana dia harus menggunakan ruangan. Misalnya dimana dia harus meletakan televisi, meja, sofa, foto-foto dan lain sebagainya.
Sebagai sentuhan penambah kesegaran, disarankan untuk menambah tanaman hijau di dalam ruangan, serta bunga segar diatas jambangan. Sentuhan ini akan sangat dibutuhkan jika lahan rumah anda sangat terbatas, sehingga tidak memungkinkan untuk ditambahkan taman. Namun jika rumah yang akan anda jual cukup luas, sebaiknya disediakan satu ruang taman, minimal untuk sebuah pohon perdu, untuk meneduhkan rumah.

3. Dapur dan kamar mandi sebagai ujung tombak.

Kamar mandi dan dapur adalah dua ruangan yang harus mendapatkan perhatian khusus. Banyak pembeli menilai suatu rumah layak dibeli atau tidak dengan melihat kamar mandi dan dapur. Ibaratnya, ruang yang paling belakang saja bersih, ruang lainnya tentu saja juga bersih. Bila di dapur atau kamar mandi belum ada ventilasi atau jendela maka sebaiknya diadakan, sebab konsep dapur sehat adalah dapur yang bersentuhan langsung dengan udara luar. Begitu juga dengan kamar mandi, jendela dapat mempercepat pertukaran udara dari dalam kamar mandi sehingga dapat mengurangi kelembaban udara didalamnya, jika tidak memungkinkan dipasang jendela maka pasanglah exhause fan untuk mengatur pergantian udara. Menurut pengalaman, pihak istrilah yang menjatuhkan keputusan untuk membeli rumah, untuk itulah ruang dapur dan kamar mandi harus terlihat bersih, rapi dan wangi.

4. Jual sisi yang akan anda jual

Sebelum menjual rumah anda harus betul-betul mengenali “kekuatan” rumah anda. Misalnya, jika anda dekat mata air sebaiknya ajak calon pembeli ke kamar mandi atau ledeng, lalu bukalah kran agar mereka dapat melihat betapa deras dan jernihnya air yang mengalir. Arah rumah pun bisa menjadi dagangan, karena pada dasarnya negeri kita adalah negeri tropis, arah sinar matahari bisa menjadi nilai jual. Arah rumah yang menghadap ke timur memiliki kecenderungan memiliki nilai tambah, karena sinar matahri pagi cenderung memberikan filosofi sehat.

5. Jual secara pribadi atau lewat perantara

Menjual rumah secara pribadi atau melalui pedagang perantara (broker) tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Menjual secara pribadi tentu harus siap repot, karena semuanya anda lakukan sendiri, dari menentukan harga jual, mengiklankannya, mempresentasikannya didepan calon pembeli, sampai proses transaksi. Keuntungannya, tidak keluar biaya sepeserpun untuk membayar perantara. Sebaliknya dengan menjual rumah lewat broker, semua kerepotan tersebut diambil alih oleh sang broker. Tak hanya itu merekapun akan memberikan anda masukan, sisi rumah mana yang perlu anda sempurnakan dan disebelah mana kekuatan rumah anda. Broker juga akan menjual rumah anda dengan harga yang pantas, karena dia dibayar dengan sistem komisi. Keuntungan lainnya, broker profesional memiliki jaringan yang luas, sehingga mereka bisa menjual lebih cepat. Jangan pernah menggunakan jasa broker tradisional. Broker tradisional adalah orang yang tidak bekerja sebagai broker pada suatu perusahaan tertentu, tapi menawar-nawarkan dirinya untuk menjual rumah anda, kerugiannya adalah, mereka bisa melakukan mark-up harga seenaknya. Misalkan anda menjual rumah seharga 50 juta, maka dia bisa saja mereka menjual seharga 100 juta, tapi biasanya proses penjualannya lambat.

6. Menentukan harga jual yang pantas

Dalam menentukan harga rumah, pemilik rumah pasti berharap rumahnya bisa cepat laku, sehingga ia harus menetapkan harga yang masuk akal tapi juga tidak merugikan dirinya. karena rumah yang dijual adalah rumah yang pernah dihuni beberapa tahun, sudah pasti harganya dibawah primary market. Agar tidak terlalu merugi disarankan pemilik rumah untuk mengecek ke broker tentang kisaran harga tanah ditempat anda tinggal. Barulah kemudian anda menghitung harga dari bangunannya, bandingkan dengan harga bahan pembangunnya. Marmrkah? Kayu? Atau lantai biasa? Semua pasti menjdikan harga berbeda. Hitunglah semua per meter persegi, lalu gabungkanlah harga tanah dan rumah. Itu merupakan harga dasarnya, tinggal anda menambah dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki rumah anda

Satu Balasan ke Kiat Menjual Rumah Cepat dan Mudah

  1. kris mengatakan:

    Rumah baru !

    Luas tanah = 175 m2 .
    Luas bangunan = 130 m2 .
    Kamar tidur = 4 .
    Kamar mandi = 2 .
    Garasi mobil masuk .
    Jemuran diatas .
    Kayu Jati . FULL Gypsum . Genteng Kan Muri .
    Listrik 900watt .
    Lokasi strategis (dekat kampus,minimarket,warnet,Rental CD,Game Center,TK).
    Suasana Tenang & Nyaman .
    Alamat : Pandeyan Jl. Empu Gandring Gg.5 RT.46 RW.12
    Harga = 450juta / NEGO .

    Hub : Bpk. Walidi .
    HP : 0815-7851-4433

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: